Beranda | Artikel
IDUL ADHA DI HARI JUMAT - Ustadz Abu Haidar As Sundawy
Minggu, 27 Agustus 2017

Bismillah,

Berikut merupakan rekaman Kajian Islam Ilmiah Tematik Senin Pagi yang dilaksanakan di Masjid Umar Bin Khattab desa Selacau, Batujajar Kabupaten Bandung Barat. Pada kesempatan kali ini (Senin, 06 Dzulhijjahh 1438 H / 28 Agustus 2017) dibawakan oleh Ustadz Abu Haidar As Sundawy Hafizhahullah membahas ” IDUL ADHA DI HARI JUMAT ” .

Transkrip Kajian :
————————-
… Ketika Hari raya jatuh pada hari jum’at maka ada 2 hari raya, yaitu hari raya idul adha dan hari raya jum’at kedua-duanya hari raya, apa yang harus kita lakukan? karena baik hari raya idul adha ataupun hari raya jum’at, baik sholat idul adha atau sholat jum’at kedua-duanya merupakan syari’at dari ajaran islam, maka kita harus melihat bagaimana pengamalan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam tentang hal ini, pernahkan di zaman Nabi Shallallahu ‘alaihi wassallam hari jum’at bertemu hari raya?. Iya pernah. Sebagaimana sebuah hadits yang diterima dari Iyas bin Abi Romlah Asy Syamiy, ia berkata, “Aku pernah menemani Mu’awiyah bin Abi Sufyan dan ia bertanya pada Zaid bin Arqom,

حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ الْمُغِيرَةِ، عَنْ إِيَاسِ بْنِ أَبِي رَمْلَةَ الشَّامِيِّ، قَالَ شَهِدْتُ مُعَاوِيَةَ بْنَ أَبِي سُفْيَانَ وَهُوَ يَسْأَلُ زَيْدَ بْنَ أَرْقَمَ قَالَ أَشَهِدْتَ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم عِيدَيْنِ اجْتَمَعَا فِي يَوْمٍ قَالَ نَعَمْ ‏.‏ قَالَ فَكَيْفَ صَنَعَ قَالَ صَلَّى الْعِيدَ ثُمَّ رَخَّصَ فِي الْجُمُعَةِ فَقَالَ ‏‏ مَنْ شَاءَ أَنْ يُصَلِّيَ فَلْيُصَلِّ ‏”

“Apakah engkau pernah menyaksikan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bertemu dengan dua ‘ied (hari Idul Fitri atau Idul Adha bertemu dengan hari Jum’at) dalam satu hari?” “Iya”, jawab Zaid. Kemudian Mu’awiyah bertanya lagi, “Apa yang beliau lakukan ketika itu?” “Beliau melaksanakan shalat ‘ied dan memberi keringanan untuk meninggalkan shalat Jum’at”, jawab Zaid lagi. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa yang mau shalat Jum’at, maka silakan.” (HR. Abu Daud no. 1070, An-Nasai no. 1592, dan Ibnu Majah no. 1310. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan)

Hadits ini menjelaskan bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wassallam pernah kejadian hari jum’at bertepatan dengan hari ‘ied baik idul fitri ataupun idul adha dan beliau sholat ‘ied dan juga sholat jum’at, tapi beliau memberikan ruhsyah kepada siapapun untuk melakukan shalat jum’at silahkan, untuk tidak melakukan shalat jum’at pun tidak apa-apa.
—————-

Silahkan download audio berikut untuk penjelasan lebih lanjut.

Baarakallohufiikum

————————-


Dapatkan informasi dari Radio Rodja Bandung, melalui :

SUBSCRIBE!Youtube : https://goo.gl/awUYFB
Facebook Page: https://goo.gl/i7M4zB
Twitter: https://goo.gl/vzDqJx
Telegram: https://goo.gl/gMhB6e
G+: https://goo.gl/CqyYxF
Website: https://goo.gl/55kXrU

Like this:

Like Loading...
.


Artikel asli: https://radiotarbiyahsunnah.com/idul-adha-di-hari-jumat/